Sekilas Tentang Kolaka Utara

Tentang Kami

Kenali kami lebih dekat


Kembali

Tentang Kolaka Utara

Pada periode 2007-2012 Rusda Mahmud selaku Bupati Kolaka Utara didampingi oleh wakilnya Ibu DR. Hj. St. Suhariah, S. Ag, MH sebagai Bupati & Wakil Bupati Kolaka Utara devinitif untuk yang pertama kalinya di Kabupaten Kolaka Utara. Dalam perjalanan kariernya Almarhum DR. Hj. St. Suhariah, S. Ag, MH menghilang dalam peristiwa tenggelamanya Kapal Feri Windu Karsa di Teluk Bone pada tanggal 27 Agustus 2011.

Pada tanggal 18 Juni 2012 Rusda Mahmud untuk kedua kalinya dilantik sebagai Bupati Kolaka Utara didampingi oleh Bobby Alimuddin Page, SE sebagai Wakil Bupati untuk periode 2012-2017.

Kolaka Utara awalnya, merupakan bagian dari Kabupaten Kolaka, yang kemudian mekar berdasarkan Undang Undang No. 29 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Bombana, Waktobi dan Kolaka Utara di Provinsi Sulawesi Tenggara. Sebagai tindak lanjut dari Undang-undang tersebut, maka pada tanggal 7 Januari 2004 dr. H. Ansar Sangka, MM dilantik menjadi Pejabat Bupati. Hal ini sekaligus menandai Kolaka Utara resmi menjadi Kabupaten.

Sebagai Kabupaten yang baru mekar, maka menjadi kewajiban daerah untuk mengadakan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah sebagaimana yang diamanatkan Undang-undang. Untuk itu, pada tanggal 29 September 2005 dilakukan Pilkada Kolaka Utara Putaran I dengan enam pasangan calon. Berdasarkan hasil perhitungan terakhir, dari keenam pasangan calon tersebut, belum ada yang memenangkan 25% suara, untuk itu KPUD memutuskan untuk melakukan Pilkada putaran II. Namun sebelum pesta demokrasi tingkat Kabupaten Kolaka Utara putaran kedua berlangsung, terjadi gugatan hukum yang bahkan berlanjut sampai tingkat kasasi oleh salah satu pasangan calon yang gagal dimasukkan sebagai calon pada Pilkada putaran I. Karena itu, Pilkada putaran kedua baru dapat dilaksanakan pada tanggal 19 April 2007 dan berhasil menetapkan Rusda Mahmud dan Ibu Hj. St. Suhariah Muin, S.Ag, MH sebagai Bupati dan Wakil Bupati devinitif yang pertama di Kabupaten Kolaka Utara yang dilantik pada tanggal 19 Juni 2007.

Sebelum bupati depinitif dilantik, terdapat empat pejabat yang pernah menjabat Bupati Kolaka Utara, secara berturut-turut yakni dr. H. Ansar Sangka, MM., Drs. H. Kamaruddin, MBA., Drs. Djaliman Mady, MM. dan Drs. H. A. Kaharuddin.

A.Pemerintahan Daerah

Struktur organisasi pemerintahan daerah Kabupaten Kolaka Utara saat ini terdiri dari Sekretaris Daerah, dengan 5 Staf Ahli dan tiga Asisten yang membawahi 12 Bagian, yakni:

Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik
Staf Ahli Bidang Pemerintahan
Staf Ahli Bidang Pembangunan
Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM
Staf Ahli Bidang Ekonomi & Keuangan

  • Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat. Membawahi :
    1. Bagian Tata Pemerintahan
    2. Bagian Kesejahteraan Rakyat
    3. Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokoler
    4. Bagian Hukum
  • Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan. Membawahi :
    1. Pembangunan dan LPSE
    2. Bagian Perekonomian dan SDA
    3. Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa
    4. Bagian Pajak dan Retribusi Daerah
  • Asisten III Bidang Administrasi Umum. Membawahi :
    1. Bagian Organisasi dan Reformasi Birokrasi
    2. Bagian Umum dan Perlengkapan
    3. Bagian Keuangan
    4. Bagian Pengembangan Sumber Daya Manusia ASN